Buat Apa Ada Akuntansi?

Subscribe YouTube Channel HERE

 

Buat Apa Sih Akuntansi?

1. Mengapa Akuntansi Penting.jpg

Ini pertanyaan yang banyak ditanyain orang orang. Buat apa sih akuntansi? Ngapain belajar akuntansi? Ngapain ngitungin duit orang?

Banyak temen temen yang masuk ke dunia accounting gara gara nasib. Udah tes di berbagai fakultas, ehhh nggak keterima. Akhirnya masuk accounting.

Memang accounting dan hukum itu kesannya kayak fakultas buangan. Tapi ternyata banyak businessman berhasil yang nyaranin untuk kuliah accounting / hukum karena menurut mereka bisnis itu perlu 2 hal ini. Oke back to topic, buat apa sih akuntansi???

 

Slide3.JPG

Bayangin kamu punya sebuah toko. Tiap hari kamu jaga toko itu. Kalo ada penjualan kamu bakal catet di satu buku namanya “BUKU KERAMAT”. Kalo ada pengeluaran, kamu juga catat di “BUKU KERAMAT”. Kamu satu satunya orang yang jaga toko itu, sampai suatu malam . . . . . Ada wanita berambut panjang dengan daster warna putih datang (lho kok jadi kayak film horor?)

Back to topic. Misalnya bentuk catatanya gini:

PENCATATANKU

1 Januari: Penerimaan 10 jt, pengeluaran 5 jt

2 Januari: Penerimaan 20 jt, pengeluaran 10 jt

3 Januari: Penerimaan 50 jt, pengeluaran 40 jt

Dst . . .

Slide4.JPG

Berantakan banget gak sih? Salah nggak kalo kamu nyatet kayak gitu?

Jawabannya TIDAK SALAH!

Kenapa?
Karena kamu nggak punya pertanggungjawaban ke siapa siapa. Tokonya punya kamu, yang jaga kamu, yang nyatet kamu, yang ngebaca hasil catetannya juga kamu. Kecuali kemalingan / kerampokan, nggak mungkin donk kalo tiba tiba duitnya ilang diambil orang? Kalopun catetanmu salah, misalnya di tanggal 3 kamu nyatet pendapatan 10 jt padahal seharusnya 20 jt, duitnya pasti tetep masuk kantongmu juga secara fisik.

Oke kita ke skenario kedua:

Slide5.JPG

Kita berdua join modal 50:50 untuk bikin 1 usaha. Gue yang jaga, gue yang nyatet kalo ada penjualan. Keuntungannya bakal kita bagi 2.

Boleh nggak gue nyatet seenak jidat kayak tadi?

Slide6.JPG

BOLEH AJA selama kita berdua ngerti. Tapi kalo ada yang susah dimengerti, bisa bisa ribut. Misalnya di tanggal 3 kamu nanya: Lho kok ini pengeluarannya banyak banget? Akhirnya harus jelasin 1 1.

Itu baru 2 orang, kamu dan aku saja. . .

Gimana kalau ada lebih banyak orang yang punya kepentingan?

Slide7.JPG

Misalnya syukur syukur suatu hari usaha kita maju pesat. Sebulan bisa cetak keuntungan 1 Milyar!

Andai kita punya duit 50 Milyar, kita optimis bisa cetak keuntungan sampe 100 Milyar!

Akhirnya kita mau pinjem duit dari bank.

Kalo kita nyatet seenaknya kayak tadi, kira kira bank bakal ngerti gak sih apa yang kita catet?

Kalau dia nggak ngerti, dia mau minjemin duit gak?

Slide8.JPG

Itulah pentingnya akuntansi. Akuntansi itu seperti sebuah standar pelaporan keuangan. Standar itu ngatur gimana nyatet aset, nyatet utang, nyatet pendapatan, nyatet beban, dan sebagainya. Tujuannya supaya siapapun yang baca laporan kita, mereka bisa punya pikiran yang sama. Jadi pas bank baca laporan kita, dia bisa ngerti dan ngasih pinjaman.

Arti dari SIAPAPUN tadi tuh orang yang punya kapasitas untuk baca laporan keuangan ya. Kalo laporan keuangan dikasih liat ke anak SD, ya mana ngerti. Hehe.

Okelah, andaikata kita nyatetnya pake standar akuntansi dan bank ngerti. Gimana bank bisa yakin kalo catetan kita bener?

Itulah perlunya ada auditor eksternal / pemeriksa laporan keuangan eksternal. Mereka yang meriksa bahwa laporan keuangan kita sesuai standar.

Slide10.JPG

Memangnya auditor bisa meriksa laporan keuangan kalo nggak ada standarnya? Itulah pentingnya standar akuntansi, sebagai acuan wajar / nggaknya laporan keuangan yang kita buat. Sekarang standar di Indonesia mengacu pada SAK (Standar Akuntansi Keuangan), dimana SAK ini berkiblat pada IFRS (International Financial Reporting Standard). Tujuannya supaya siapapun yang baca laporan keuangan perusahaan Indonesia, dia bisa ngerti isinya. Kalo dia ngerti, bisa aja dia mau investasi.

Slide11.JPG

Akuntansi itu penting, terutama untuk orang yang mau:

1.Bikin sistem bisnis (IT Corporate System Developer)

2.Kerja sebagai bagian pembukuan / pemeriksa pembukuan (akuntan / auditor)

3.Jadi investor / pemodal

4.Punya usaha sendiri (Entrepreneur)

Slide12.JPG

Tapi gue yakin, pasti pengunjung website gue ini pada pengen punya usaha sendiri suatu hari. So, belajarlah akuntansi!!

Baca Juga:
Persamaan Dasar Akuntansi (Accounting Basic Equation)

 

Tags:
Accounting, Basic Accounting, Akuntansi Dasar, Akuntansi, Bisnis, Akuntansi SMK, Akuntansi SMA, Akuntansi Keuangan, Financial Accounting, Auditing, Public Accounting, Jurnal Penyesuaian, Adjusting Entries, Laporan Keuangan, Financial Statement, Accounting Equation, Accounting Theory, Teori Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Perusahaan Dagang, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perusahaan Jasa

 

Slide2.JPG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: